Obat Tradisional Sakit Jantung

>> Thursday, December 1, 2011

Daun sembung, kemukus, tebu hitam, daun sembung memiliki khasiat sebagai Obat tradisional sakit jantung. Pilihan resep yang bisa digunakan bisa di lihat di tulisan berikut ini.

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan dua pompa (bilik), 1 bagian kanan dan yang lainnya di sebelah kiri. Bilik bagian kanan memompa darah yang mengandung karbon dioksida ke arah paru-paru dan melepasnya di sana. Kemudian darah di paru-paru yang sudah menerima oksigen di angkut ke jantung sebelah kiri lalu di pompakan ke seluruh tubuh. Oleh karena darah mempunyai bawaan macam-macam untuk kehidupan maka jantung perlu dijaga kesehatannya. Jika fungsi  jantung sudah tidak seimbang kerjanya akan terjadi timbulnya penyakit.

Penyakit jantung erat kaitannya dengan pola makan, misalnya terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung lemak sehingga kadar kolesterol dalam darah akan naik. Disamping itu, masalah kejiwaan juga sering menjadi penyebab.

Tanda-tanda penyakit jantung  antara lain : jantung berdebar-debar, rasa sakit seperti ditusuk-tusuk di dada. Rasa sakit ini disebabkan oleh pembuluh nadi tajuk jantung (coronary artery) tidak sanggup lagi mencukupi persediaan darah ke otot jantujng untuk bahan agar jantung dapat bekerja secara maksimal.
Penderita secara kejiwaan selalu ada was-was atau selalu dihantui perasaan takut berlebihan. Disamping gejala tersebut ada gejala lain yang muncul seperti jantung selalu berdebar jika ada kegiatan yang berat sedikit saja, nafas terasa sesak. Jika sudah kronis, ada kalanya terjadi pembengkakan disekitar mata kakai, muka,  dan tangan. Jika muka penderita menjadi pucat mendadak (kebiruan) maka penderita harus segera istirahat (duduk atau tiduran). Dada dan kaki supaya dikompres dengan air hangat.


Penderita jantung harus memiliki hati yang tegar, tidak mudah cemas, dan stres. Sebaiknya penderita menghindari makanan yang banyak mengandung lemak,  minuman beralkohol, tidak merokok dan mengurangi makan  garam. Penderita disarankan banyak makan buah dan sayuran, kecuali  nangka, durian, dan campedak.

Menurut hemat penulis rumah obat tradisional  ada satu ciri khas yang dimiliki oleh penderita gangguan jantung yaitu dengan melihat warna punggung jari tangannya. Perhatikan punggung jari antara ruas pertama dan ruas kedua dari kuku arah punggung tangan. Jika seseorang adalah penderita gangguan jantung maka biasaya warna punggung  jari ruas pertama  warnanya lebih gelap mengkilat dari pada warna punggung  jari ruas kedua. Cara ini membutuhkan latihan dengan membandingkan warna punggung jari  tangan orang yang sehat dengan penderita gangguan jantung.Nah anda pembaca semuanya bisa meperhatikan lebih seksama warna punggung jarinya masing-masing^^

Obat tradisional untuk gangguan jantung yang bisa dipilih bisa dilihat di bawah ini, pilih resep sesuai dengan ketersediaan bahannya.

Bahan :
Akar tebu hitam ........................................... ¼ genggam
Tebu hitam .................................................... 1 ruas
Kemukus ....................................................... 11 biji
Gula batu sebesar telur ayam ........................ 1 biji
Cara Meramu :
Cuci  akar tebu kemudian potong kecil-kecil.Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1 ½ gelas.Setelah dingin , saring.
Aturan Pakai:
Minum ramuan setelah makan dengan dosis 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Bahan:
Daun sembung agak muda ............ 5 lembar
Kemukus ........................................ 11 biji
Daun sengket ................................. 7 lembar
Cara meramu :
Cuci semua bahan kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1 ½ gelas. Angkat dan saring.
Aturan Pakai :
Minum ramuan 3 kali sehari sesudah makan masing-masing ½ gelas.

Bahan :
Bunga jeruk bali atau jeruk nipis ..... 11 kuntum
Daun sembung muda ...................... 1 lembar
Kemukus ......................................... 11 biji
Cara meramu :
Cuci semua bahan kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa sekitar 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring.
Aturan pakai :
Minum ramuan 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing ½ gelas.

Bahan :
Daun sembung muda ....... 5 lembar
Daun sengket ................... 7 lembar
Cara meramu :
Cicu semua bahan dan rebus dengan 3 gelas air hungga tersisa sekitar separuhnya, angkat dan saring.
Aturan pakai :
Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas

Resep diatas juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan jantung lainnya, yakni sebagai obat tradisional jantung koroner dan angina.
Pengobatan jantung koroner dan angina dengan menggunakan resep obat tradisional  perlu ketekunan dan keuletan karena harus minum ramuan secara teratur. Untuk mempercepat kesembuhan sebaiknya mentaati pantangan, seperti  hindari atau kalau bisa berhenti dari kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi dan teh jangan terlalu kental, makanan pedas dan berlemak perlu dikurangi, pikiran harus tenang, jauhi stres,  dan emosi terkendali mendukung proses kesembuhan.

Demikian postingan rumah obat tradisional kali ini semoga bermanfaat untuk Anda semua.


Terimakasih untuk : TRUBUS 382/11/2001




0 comments:

About This Blog

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP